Candi Singosari adalah salah satu.    peninggalan sejarah Kerajaan Singosari yang tertinggal dan terawat dengan baik sampai dengan saat ini.
Kapan tepatnya Candi Singosari di bangun belum di ketahui secara pasti, Namun para ahli purbakala memperkirakan Candi Singosari di bangun pada tahun 1300 M, sebagai persembahan untuk Menghormati Raja Kertanegara dari Kerajaan Singosari.
Candi Singosari berdiri di atas batur kaki setinggi sekitar 1,5 Meter tanpa hiasan atau relief di kaki candi.
Tangga naik ke selasar di kaki candi tidak di apit pipit tangga dengan hiasan makara seperti pada candi – candi yang lain.

   
Candi Singosari ini terletak di antara pemukiman penduduk, dan sangat terjaga kelestariannya. 
Candi Singosari ini hanya terdiri dari satu bangunan dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Di sekitar Candi Singosari terdapat beberapa stupa atau patung antik tapi sayangnya beberapa stupa tersebut ada yang telah mengalami kerusakan akibat ulah tangan manusia yang kurang bertanggung jawab, dan sebagian lagi ada yang terpencar di museum di Belanda. 
Candi Singosari sendiri adalah bagian dari Kerajaan Singosari yang berhasil di temukan, yang fungsinya dari dulu dan sampai sekarang masih sama yakni di gunakan oleh beberapa penganut agama dan kepercayaan misalnya : Umat Hindu dan Kejawen untuk melakukan sembahyang atau aktifitas ibadah tertentu.

Pengunjung dari Kota Jakarta