sumber foto : detikcom

Hosting?! Apa’an sih itu? beberapa orang terutama yang aktif di dunia digital atau penggiat teknologi mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ini, namun untuk beberapa orang yang lain akan terdengar asing dan bertanya – tanya “Apa sih Hosting itu?”

Hosting memiliki beberapa definisi, secara sederhana hosting bisa diartikan sebagai tempat untuk menyimpan segala macam kebutuhan ( data, gambar, hingga file ) suatu website agar dapat online di dunia maya atau internet.

Definisi hosting menurut Hostinger adalah layanan online yang memungkinkan penggunanya untuk mempublikasikan suatu situs web atau aplikasi web di internet.

Sedangkan definisi lain dari hosting menurut Techopedia adalah layanan yang menyediakan sumber daya penyimpanan dan komputasi bagi individu atau organisasi untuk akomodasi dan pemeliharaan suatu website.

Jadi kesimpulannya pada saat kita mendaftar layanan hosting, pada dasarnya kita sedang menyewa suatu ruang server untuk menyimpan data website kita. Data inilah yang dibutuhkan agar website kita bisa berfungsi dengan baik.

sumber foto : makinrajin

Dalam perkembangan internet peran hosting menjadi sangat krusial. Tanpa hosting, kita tidak akan dapat membangun suatu situs web yang baik.

Untuk itu dalam memilih layanan hosting sebaiknya kita pertimbangkan dengan seksama. Banyak layanan hosting yang ditawarkan oleh penyedia jasa hosting, dengan bermacam penawaran fasilitas dan juga harga yang bervariasi. Jadi sebelum memutuskan layanan hosting ada baiknya kita membaca reviewdari para pengguna sebelumnya.

sumber foto : ouincanberra

Dan saya sendiri saat ini menggunakan layanan hosting dari https://www.hoster.co.id/ karena Hoster menawarkan harga yang paling murah dikelasnya, ada garansi 30 hari uang kembali jika hosting tidak berfungsi, memiliki 24/7/360 tehnikal support dan server Indonesia yang artinya menggunakan datacenter lokal sehingga aksesnya lebih cepat.

Untuk spesifikasi hosting dari Hoster sendiri diantaraanya :

  1. SSD Storage Server : terbukti memiliki performa baca dan tulis untuk penyimpanan data tercepat.
  2. Cpanel kontrol panel : merupakan kotrol panel terpopuler untuk mengelola web hosting dengan fitur terbaik dan mudah digunakan.
  3. Litespeed Web Server : memberikan kecepatan akses website sepuluh kali lebih cepat dari apache web serversehingga meningkatkan kinerja server untuk memproses lebih banyak data.
  4. Cloud Linux OS : operating system terbaik untuk menjalankan server hosting, yang dapat membatasi sumber daya antar pengguna hosting, sehingga jika ada pengguna lain menggunakan sumberdaya tinggi maka tidak akan berdampak pada pengguna lainnya.
  5. Softaculous Auto Instaler : tersedianya ratusan script website sehingga pengguna dapat melakukan instalasi hanya dengan satu kali klik. Tidak perlu koding, tidak perlu upload dan konfigurasi database sehingga dapat menghemat banyak waktu.
  6. Cage FS : merupakan sistem file per pengguna yang virtual, yang dapat merangkum masing – masing pelanggan secara unik, mencegah pengguna saling melihat informasi sensitif, serta mencegah eskalasi hak istimewa dan serangan pengungkapan informasi.
  7. Imunity 360 Proactive Defense : Sebuah pusat management pengontrolan kondisi website yang terdapat di dalam cPanel Anda, memungkinkan Anda memeriksa dengan cepat kondisi keseluruhan server dan mengelola semua aspek keamanannya, dashboardnya menampilkan semua perihal kemanan dan update peristiwa terbaru setiap 60 detik. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyaring dan memilih kejadian berdasarkan berbagai macam parameter, melihat tinjauan dan rincian dari peristiwa yang terjadi, mengakses fitur pengelolaan white list and black list, pengaturan tampilan dan laporan, dan banyak lagi. Imunify360 Proactive Defenseā„¢ bahkan dapat menghentikan malware yang tidak dapat dideteksi oleh pemindai biasa. Sebuah alat All-in-one security dengan kumpulan perlindungan yang kuat terhadap serangan terbaru dan juga didukung dengan teknologi AI (kecerdasan buatan).

Sebuah layanan hosting yang menawarkan banyak keuntungan buat penggunanya tentu bisa menjadi salah satu pilihan dalam menentukan layanan hosting mana yang akan kita pilih untuk webstite kita.