Setiap orang ber-makeup pasti memiliki tujuan salah satunya untuk terlihat berbeda, entah itu tampil beda agar terlihat semakin cantik, lebih muda, lebih imut, terlihat dewasa, atau apapun itu, hasil akhir makeup sangatlah menentukan performa kita, sudah sesuai dengan keinginan atau tidak.

Jadi pilihlah jenis hasil akhir makeup yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan kita, dengan tidak mengabaikan kondisi kulit kita saat itu.

Lalu apa aja sih jenis hasil akhir makeup yang ada pada saat ini, jenis hasil akhir makeup yang ada diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Glossy

Makeup glossy adalah hasil makeup yang terlihat basah, menonjol, kuat, dan mengkilat yang berlebihan sehingga menyiratkan wajah yang berminyak. Salah satunya disebabkan karena adanya pemakaian face balm atau face oil dalam jumlah banyak.

Makeup glossy cocok untuk diaplikasikan di pemilik kulit kering, karena bisa membuat kulit seolah lebih lembab dengan sentuhan air. Makeup glossy mengubah kulit kering menjadi tampak sedikit lebih berair.

Makeup glossy kurang pas digunakan untuk makeup sehari-hari, apalagi bagi yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, karena akan membuat volume minyak diwajah semakin meningkat.

Tapi sebaliknya makeup glossy cocok digunakan untuk pemotretan majalah, pengambilan video, atau fashion show di panggung runway, karena makeup glossy banyak diaplikasikan dengan menggunakan nuansa warna – warni makeup yang out of the box, misalnya menggunakan maskara warna pink yang diaplikasikan mengelilingi mata atau pemilihan penggunaan warna gold untuk lipstick, dan lain sebagainya.

2. Matte

Matte makeup adalah hasil makeup yang sudah tak asing lagi bagi kebanyakan orang terutama bagi para beauty enthusiast. Matte makeup membuat wajah terlihat halus mulus alami, bebas dari minyak yang berkilau, sangat cocok dipadupadankan dengan lipstik dan riasan mata yang bold.

Makeup matte cocok untuk jenis kulit berminyak. Jika kulit kita kering dan ingin mencoba makeup matte perlu sedikit usaha, salah satu triknya adalah saat menggunakan pelembap, diamkan terlebih dahulu selama 15 menit. Lalu sesudah itu pakai foundation sedikit lebih banyak. Tutup dengan bedak, kemudian lanjutkan dengan produk kosmetik lainnya. Langkah ini bertujuan untuk menghindari matte makeup mengelupas atau pecah.

3. Dewy

Dewy makeup look sebenarnya hampir sama dengan glowy makeup look. yakni sama-sama memiliki hasil riasan akhir yang bercahaya, tampak lembap, sehat, dan tampak lebih muda, bedanya dewy makeup look memiliki karakter yang lebih tidak terlalu berkilau.

Untuk memperoleh Dewy makeup look style, kita itu hanya membutuhkan sedikit pulasan kosmetik, misalnya seperti bedak yang cukup kita aplikasikan secara tipis-tipis saja, begitu juga untuk blusher area pipi dan eyeshadow di area kelopak mata. Semua diaplikasikan secara tipis tidak tebal berlebihan.

4. Glowy

Glowy makeup adalah riasan wajah yang membuat wajah terlihat lebih basah namun tidak berminyak, lebih tepatnya membuat wajah tampak lebih bercahaya. Kesan lain yang diciptakan oleh glowy makeup ini adalah kulit wqjah tampak lembab dan kenyal, serta permukaan kulit terlihat lebih muda dan sehat terawat.

Glowy makeup banyak digemari oleh wanita Korea Selatan, bahkan mereka menciptakan glowy makeup look dengan menambahkan face balm atau face oil agar efek cahaya pada makeup semakin terpancar. Salah satu yang membuat glowy makeup look ini digemari oleh para wanita Korea Selatan adalah karena look ini mampu menjaga kelembapan wajah saat negaranya mengalami musim dingin yang mencekik. Suhu dingin pada musim dingin disana berdampak nyata pada tekstur kulit wanita Korea Selatan yang cepat mengering. Sehingga glowy makeup dianggap sebagai metode proteksi yang ampuh dan efektif untuk menjaga kelembapan kulit wajah mereka agar tetap terlihat cantik dan sehat meski suhu dingin terus melanda selama musim dingin.

Dari ke empat jenis hasil makeup diatas mana sih yang paling menarik buat kamu coba aplikasikan diwajah kamu? kalau buat aku pribadi semua menarik dan semua pasti aku coba, Yukk bermain warna makeup 😉.