Meskipun semua orang memiliki jumlah sel melanosit yang sama tetapi orang yang berkulit gelap mempunyai melanosit lebih banyak yang mampu menghasilkan melanin dalam jumlah banyak pula sehingga memberikan kulit warna yang lebih hangat.

Siapa yang punya warna kulit sawo matang disini? Jangan berkecil hati yak, apalagi tinggal di lingkungan yang masih beranggapan kalau warna kulit sawo matang itu jelek, sedangkan si kulit putih mulus itu Dewi kecantikan dunia.

Memiliki warna kulit sawo matang itu punya kelebihan tersendiri lho, dan kulit sawo matang itu cantik banget kalau kita cintai dengan penuh percaya diri.

Berikut kelebihan si pemilik kulit warna sawo matang :

Lebih Tahan Terpapar Sinar Matahari Sehingga Tidak Mudah Terbakar.

Jumlah Melanin yang dimiliki si kulit sawo matang lebih banyak, sehingga lebih bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari seperti sunburn atau terbakar

Memiliki Tulang Kuat

Sumber : Nakita.ID

Si pemilik kulit sawo matang memiliki cadangan vitamin D3 yang lebih banyak sehingga dengan bantuan sinar ultraviolet, kalsium dalam tubuhnya lebih mudah terbentuk, yang dalam jangka panjang bisa membuatnya mengurangi risiko mengalami osteoporosis.

Lebih Awet Muda.

Sumber : Detikcom

Si kulit sawo matang memiliki kandungan melanin lebih banyak. Dan bagusnya erlindungan dari melanin dapat menjaga kulit dari kerusakan jangka panjang seperti bintik hitam atau tekstur kulit kasar sehingga tanda-tanda penuaan lebih dapat dihindari. Penampilan lebih awet muda pun bukan lagi jadi angan – angan.

Kulit Sawo Matang Memiliki Kecantikan Yang Natural.

Sumber : suara.com

Asal di rawat dengan baik, rajin mandi dan selalu menjaga kelembapannya, memiliki kulit sawo matang membuatmu nggak perlu lagi dandan menor dan poles sana-sini. Karena kulit cokelatmu justru menjadi daya tarik tersendiri. Cukup dengan polesan minimalis, sudah terlihat manis.

Mengurangi Resiko Melahirkan Bayi Cacat.

Bayi lahir

Memiliki kulit sawo matang bisa membuat kita terhindar dari kemungkinan melahirkan bayi cacat. Karena kandungan Melanin dalam kulit dapat melindungi DNA dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Bagi ibu hamil yang memiliki kulit sawo matang, hal ini dapat berdampak pada kesehatan janin. Risiko mengalami bayi lahir cacat pun dapat dihindari.

Kandungan Melanin Yang tinggi Menjaga Fungsi Otak, Saraf & Alat Indera Dengan Baik.

Sumber : Surabaya story.com

Banyaknya Melanin yang terdapat pada lapisan epidermis kulit si kulit sawo matang selain mempengaruhi warna kulit dan rambut sehingga lebih gelap juga bermanfaat bagi tubuh untuk bertahan hidup. Organ tubuh, berfungsi lebih baik seiring dengan banyaknya jumlah melanin yang dimiliki.

Menekan Resiko Kanker Kulit.

Sumber : hallosehat.com

Tingginya pigmen melanin pada kulit sawo matang membuatnya lebih terlindungi dari sinar UV. Pigmen melanin menyerap sinar ultraviolet yang berbahaya untuk DNA sehingga jaringan sel si kulit sawo matang akan terhindar dari risiko kanker kulit. Meski demikian kemungkinan terjangkit kanker kulit masih ada, jadi tetap waspada ya.

Jadi bagaimana? Masih merasa insecure dengan kulit sawo matang milikmu? Setiap orang terlahir dengan keberagaman dan keunikan masing-masing. Mencintai diri sendiri, mengolah kelebihan yang kamu miliki, menerima yang menjadi kekuranganmu dan berbuat terbaik dalam segala hal sesuai dengan kemampuan adalah sesuatu yang membahagiakan.